PENGABDIAN MASYARAKAT PELATIHAN PEMBUATAN NEWSLETTER MENGGUNAKAN MICROSOFT PUBLISHER UNTUK GURU SDN 222 PASIR POGOR BANDUNG

Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, banyak sekali perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu operasional para guru dalam hal membuat laporan, mengolah nilai, dan membuat materi pengajaran dikelas untuk murid. Bahkan dengan penggunaan internet, guru-guru dapat memperkaya pengetahuan dan metoda pengajaran mereka dalam melakukan transfer informasi kepada siswa di kelas.

SDN 222 Pasir pogor merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang ada di Kota Bandung yang terdiri dari 41 orang guru dan staf operasional. SDN 222 Pasir Pogor merupakan salah satu peserta sekolah model. Salah satu kriteria sekolah model adalah memiliki media informasi berupa newsletter yang digunakan untuk memuat kegiatan sekolah, kegiatan ekstra kurikuler, berita pendidikan dan perkembangan dunia pendidikan dan teknologi yang berhubungan dengan kurikulum sekolah.

Pembuatan newsletter selama ini dilakukan dengan menggunakan tenaga eksternal karena sumber daya guru di SDN 222 Pasir pogor masih belum memiliki pengetahuan dalam pembuatan newsletter.  Maka dari itu perlunya dilakukan pelatihan mengenai tata cara pembuatan newsletter dengan menggunakan aplikasi yaitu Microsoft Publisher. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan SDN 222 Pasir pogor dapat membuat News letter secara mandiri. Disamping itu pula dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas guru SDN 222 Pasir Pogor.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut.

  1. Menyusun Rencana Operasional Kegiatan

Dalam tahap ini tim menyusun rencana mulai dari rencana rapat koordinasi tim, surat menyurat, penyiapan skenario pelatihan, pembuatan modul pelatihan, pembuatan banner atau spanduk kegiatan pelatihan, jadwal dan perizinan kegiatan, pembuatan undangan dan sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi.

  1. Mempersiapkan skenario pelatihan

Dengan mempertimbangkan kemampuan teknis sistem, tim mempersiapkan suatu skenario pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi mitra sasar.

  1. Mempersiapkan modul pelatihan

Dalam tahap ini disusun modul pelatihan pembuatan newsletter dengan menggunakan Microsoft publisher untuk guru sebagai penunjang pembuatan media informasi di SDN 222 Pasir Pogor

  1. Pelaksanaan kegiatan

Kegiatan pelatihan direncanakan akan diadakan di SDN 222 Pasir Pogor antara mulai  Mei 2018 hingga November 2018.

  1. Pembuatan dokumen kegiatan dan laporan kegiatan.
  2. Pembuatan laporan kegiatan didasarkan pada hasil pelaksanaan dan evaluasi Tahap Pelaporan ini meliputi  pembuatan draf laporan dan membuat laporan akhir serta penyerahannya ke PPM.

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam pemberian materi pelatihan pembuatan newsletter   ini dilakukan dari jam 08:30 sampai dengan jam 16:00 pada tanggal 11 juli 2018 , dihadiri oleh 14  peserta dari 20 peserta yang direncanakan. Hal ini dikarenakan beberapa guru yang berhalangan hadir.

Dari feedback diperoleh hasil bahwa :

  1. Sebagian besar Guru SDN 22 Pasir Pogor memberikan respon baik terhadap pelatihan ini.
  2. Adanya keberlanjutan kegiatan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini
  3. Tujuan dan kegiatan PKM ini sudah sesuai dengan kebutuhan guru SDN 222 Pasir Pogor Bandung

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.