Praktikum Elektronika Dasar

Matakuliah Elektronika Dasar (DCH1H3) diselenggarakan pada semester 1 pada kurikulum yang sedang berlaku, yaitu: kurikulum 2016 Program Studi D3 Teknik Komputer. Matakuliah ini memiliki bobot 3 SKS dengan pelaksanaan 2 SKS kuliah dan 1 SKS praktikum. Pelaksanaannya dalam satu minggu adalah 5 jam yang terdiri dari 2 jam perkuliahan teori dan 3 jam praktikum.

Praktikum menggunakan terdiri dari 14 modul praktikum yang setiap modulnya terkorelasi dengan materi teori di kelas. Pelaksanaan kelas teori sepenuhnya dilaksanakan oleh dosen sedangkan pelaksanaan praktikum dilakukan oleh dosen di laboratorium elektronika dasar dengan dibantu oleh asisten praktikum.

Mata Kuliah Elektronika Dasar merupakan matakuliah dasar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi D3 Teknik Komputer sebagai dasar pengetahuan perangkat keras elektronika untuk  mendukung pada matakuliah semester lanjut seperti Mikroelektronika dan Rangkaian Listrik.. Materi yang dibagi menjadi tiga (3) kajian, yaitu: (1) Pengantar Elektronika Dasar; (2)Dioda dan Rangkaian Aplikasi Dioda; dan (3) Transistor dan Rangkaian Aplikasi Transistor.

Pelaksanaan ujian dibagi menjadi 3 bagian, yaitu assessment 1, assessment 2 dan assessment 3. Assesment 1 dan 2 terdiri dari assessment teori dan praktikum sedangkan assessment 3 diberikan dalam bentuk tugas besar. Pada assessment 3 mahasiswa membuat suatu alat elektronika sederhana yang bersifat aplikatif dengan menggunakan komponen sederhana yang telah dipelajari di matakuliah elektronika dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *